Pesantren Alam Solusi Problem Masa Depan?

Pesantren Alam Solusi Problem Masa Depan?

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang lahir sejak sebelum negara ini ada. Pesantren memiliki kemampuan beradaptasi dalam perkembangan zaman. Ia merupakan lembaga pendidikan yang tumbuh dari masyarakat dan berada di tengah tengah masyarakat.

Disisi lain perkembangan zaman saat ini juga memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perilaku masyarakat sekaligus juga memberikan andil terhadap kemerosotan akhlak generasi bangsa.

 

Pada titik inilah peran Pesantren menjadi sangat penting. Namun pertanyaanya apakah pesantren mampu menjadi solusi problematika tantangan zaman kedepan?

Salah satunya adalah apa yang dikembangkan oleh Pesantren Alam Sabilul Huda Pandananyar.Pesantren ini lahir ditengah tengah masyarakat pedesaan dan awam tentang agama. Dalam kiprahnya yang masih sangat baru di masyarakat,

Pondok pesantren Sabilul Huda Pandananyar berupaya untuk lebih menekankan aktivitas dakwah nya, melalui penyampaian yang mudah diterima dan di aplikasi kan di tengah masyarakat. “Membumi”, yang tidak sekedar bahasa teori, namun justru lebih ditekankan pada bukti dan karya nyata, dimana manfaatnya langsung dapat dirasakan oleh ummat. Dengan ini diharapkan keindahan ajaran Islam, etos kerja Islami, manajemen Islami, Profesionalisme Islami, dan solusi Islami atas aneka permasalahan aktual ummat dalam kehidupan nyata bisa langsung dilihat, dirasakan dan dikaji bersama.

 

Selain dengan program kepondokan atau program-program keagamaan, Sabilul Huda ini dirancang dengan konsep ramah lingkungan, konsen terhadap permasalahan pertanian, permasalahan pangan, serta kemajuan dan perkembangan tekhnologi sebagai wadah dakwah yang lebih mudah diterima oleh masyarakat. Tidak terlepas dari visi Sabilul Huda yaitu menghadirkan Al-Qur’an dalam tata kelola pertanian dan lingkungan, sehingga tetap dalam aturan ajaran agama.

 

Pesantren Alam Sabilul Huda menjadi sekolah yang berbeda dengan sekolah yang telah ada saat ini. Pesantren Alam Sabilul Huda berfokus pada pembentukan karakter BAKU yaitu Karakter Baik (Jujur, Ikhlas, dan Tawadhu) dan Karakter Kuat (Berani, Tangguh, dan Disiplin) diinspirasi dari Pesantren Daarut Tauhiid serta akhlakul karimah lainya sebagaimana itiba sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga berusaha untuk menjadi pesantren yang tidak hanya membekali santri/siswa dengan materi-materi dinniyah saja namun juga ada pmbekalan materi-materi pendidikan formal sebagaimana sekolah pada umumnya.

Harapan nya bisa mencetak Santri/siswa yang kuat secara hafalan Quran, cerdas, berwawasan secara pemikiran dan pengetahuan, disiplin, tangguh, ramah, melayani dan mandiri dalam kehidupan menuju sebuah cita-cita luhur yang Semoga Alloh meridhai. Kebiasaan hidup mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri merupakan kewajiban setiap manusia, tidak selayaknya selalu bergantung pada orang lain.

 

Sabilul Huda Pandananyar berupaya menjadi lembaga yang tumbuh dari sebuah harapan akan pertolongan dari Alloh. Keyakinan yang bulat dan utuh sebagai hamba Alloh yang dapat mandiri kemudian membantu yang lain turut mandiri, dapat berdaya dan kemudian membantu yang lain berdaya dan dapat menjadi lembaga yang sejahtera dan menjadi jalan keberlimpahan dari Alloh untuk sebanyak banyaknya hamba alloh lainya. Menjadi manusia yang bermanfaat untuk banyak orang. Bermanfaat dalam mengajak kebaikan menuju jalan yang Allah Ridhai. Melangkah bersama mencari keberkahan dan mampu bersaing dalam kebaikan menuju kesuksesan.

Semoga Alloh Ridhoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *