4 Cara Memastikan Sedekah Online anda Benar

4 Cara Memastikan Sedekah Online anda Benar

Diera tekhnologi digital seperti saat ini, banyak orang memanfaatkan tekhnologi digital dalam mencari keutungan. Salah satunya adalah dengan banyaknya layanan layanan donasi maupun sedekah dan zakat secara online.

Bersedekah secara online kini telah menjadi pilihan bagi banyak orang. Sama halnya dengan transaksi lain, selain lebih cepat dan mudah, Anda juga dapat menghemat tenaga. Namun benarkah sedekah online terpercaya?

Serupa dengan menemukan toko online yang terpercaya, begitu pula dengan urusan zakat atau bersedekah. Bagaimana kita bisa tahu bahwa lembaga yang menawarkan jasa penerimaan sedekah online terpercaya? Dari mana kita tahu bahwa zakat atau sedekah yang kita berikan bisa sampai kepada mereka yang memang berhak menerimanya?

Begitu pula dengan sedekah onlineAlangkah sedihnya bila niat baik kita ternyata dimanfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Tidak hanya uang yang hilang entah ke mana, penerima zakat, wakaf atau sedekah yang lebih berhak tidak mendapatkan apa-apa. Semua ini gara-gara lembaga amal yang ternyata jauh dari kata terpercaya, alias abal-abal.

Cara-Cara Menghindari Penipuan Berupa Sedekah Online

Lalu, bagaimana cara menghindari penipuan berupa sedekah secara online? Bagaimana cara memastikan bahwa lembaga yang menawarkan jasa berupa sedekah online itu terpercaya?

  1. Pastikan lembaga amal tersebut sudah dikenal dan memiliki izin yang jelas

Salah satu cara untuk memastikan hal ini adalah mencari referensi sebanyak mungkin.

Pastikan alamat lembaga tersebut benar adanya, cross cek melalui google map jika alamat lembaga atau pesantren atau panti tersebut ada.

Ada baiknya juga cek aku media sosial mereka seperti Facebook, Instagram dan akun lainya. Dari situ bisa dilihat jejak program kegiatan mereka.

Bisa juga dengan mengecek nama mereka di mesin pencari , nah dari situ anda akan mendapat informasilebih banyak terkait lembaga tersebut.

  1. Pastikan rekening yang di miliki nya 

Pastikan bahwa rekening lembaga yang dimilikinya adalah bukan atas nama perorangan. Sebab dari situ bisa dipastikan bahwa zakat dan sedekah tersebut adalah dikelola dengan tim yang baik, bukan untuk pribadi seseorang.

  1. Cek legalitas lembaga tersebut.

Saat ini di Indonesia untuk pengelolaan Zakat, Infak dan sedekah harus memathi undang undang Zakat sehingga bagi lembaga penghimpun dana keagamaan di masyarakat harus memiliki izin. Lantas bagaimana dengan lembaga, pesantren dan panti asuhan serta lembaga keagamaan lainya yang belum berijin. Maka salah satunya harus bermitra dengan lembaga yang tekah resmi berijin. Maka sebaiknya cek apakah lembaga tersebut sudah memiliki ijin atau kemitraan apa belum.

  1. Cek Bukti Penyaluran 

Langkah yang lain untuk mengetahui apaka zakat, infak dan sedekah kita disalurkan dengan baik atau tidak adalah dengan cara melihat ataui menelusuri program program penyaluran mereka. Maka silahkan bisa di lihat apaka websitenya menyajikan informasi penyaluran ataukah tidak.

Demikian sekelumit kecil informasi bagaimana memastikan apakah sedekah, zakat dan wakaf kita tersalurkan kepada oenerima yang tepat atakah tidak. Selanjutya semua berpulan kepda pilihan dan keyakinan masing masing.

Sedekah online memang mudah, namun Anda akan merasa lebih lega lagi bila beramal melalui lembaga yang benar-benar terpercaya. Jadi, pastikan beramal melalui sedekah online terpercaya supaya dana tersalurkan dengan baik.