ParentingPesantren

Karantina Quran di Pesantren Alam Sabilul Huda Sedang Berlangsung

Pesantren Alam Sabilul Huda mengadakan program spesial selama liburan sekolah tahun ini, yaitu “Karantina Quran”. Program ini ditujukan bagi anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) untuk menghafal Al-Quran. Selama dua pekan, para peserta tinggal di pesantren dan fokus dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Quran.

Mengapa Karantina Quran?

Kegiatan Karantina Quran bertujuan untuk memberikan wadah kepada anak-anak dalam memanfaatkan waktu liburan sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, program ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Al-Quran sejak dini.

Pelaksanaan Program

Program ini dilaksanakan selama dua pekan penuh, di mana anak-anak tinggal di lingkungan pesantren yang asri dan nyaman. Selama periode tersebut, para peserta mengikuti jadwal harian yang ketat namun tetap menyenangkan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dilakukan:

1. Sesi Hafalan Al-Quran

Setiap hari, anak-anak mengikuti sesi hafalan yang dibimbing oleh para ustadz dan ustadzah yang berpengalaman. Mereka diajarkan teknik-teknik menghafal yang efektif dan diawasi secara individual untuk memastikan hafalan mereka tepat dan lancar.

2. Kajian dan Tadabbur Al-Quran

Selain menghafal, anak-anak juga diberikan pemahaman tentang makna ayat-ayat yang mereka hafalkan melalui sesi kajian dan tadabbur Al-Quran. Ini bertujuan agar mereka tidak hanya hafal, tetapi juga memahami kandungan dan pesan dari ayat-ayat tersebut.

4. Aktivitas Rekreasi Islami
Untuk menjaga keseimbangan antara belajar dan bermain, program ini juga menyertakan berbagai aktivitas rekreasi islami seperti permainan, olahraga, dan jalan jalan atau outing. Kegiatan ini dirancang untuk menghibur sekaligus menanamkan nilai-nilai islami dalam diri anak-anak.

Antusiasme dan Harapan

Program Karantina Quran ini disambut dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta dan orang tua. Orang tua merasa senang dan bersyukur karena anak-anak mereka dapat mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang sangat bermanfaat. Mereka berharap program ini dapat terus diadakan setiap tahunnya.

Dengan adanya program Karantina Quran ini, Pesantren Alam Sabilul Huda berkomitmen untuk terus mendukung generasi muda dalam menghafal dan mencintai Al-Quran, serta membentuk karakter islami yang kuat sejak usia dini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tiktok