ArtikelBeritaPesantren

Pesantren Alam Gelar Tasmi’ 30 Juz Al-Qur’an

Karanganyar, Mei 2024 – Alhamdulillah Pesantren Alam bersyukur telah berhasil melaksanakan acara Tasmi’ 30 Juz Al-Qur’an. Acara yang digelar pada 29 Maret 2024 ini berlangsung dengan khidmat, di mana Ananda Arif berhasil menamatkan bacaan seluruh 30 juz Al-Qur’an di hadapan para santri, pengajar, dan wali santri.

Ananda Arif, santri yang telah menimba ilmu di Pesantren Alam sejak 2 tahun lalu, mengujikan setoran hafalannya setelah selesai mengkhatamkan 30 juz. Pelaksanaan tasmi’ atau ujian berupa setoran hafalan 3o juz ini berlangsung bersamaan dengan puasa Ramadhan. Proses Tasmi’ ini memerlukan dedikasi tinggi dan latihan yang konsisten, yang ditunjukkan oleh Ananda Arif dengan penuh kesungguhan.

“Kami bersyukur dengan pencapaian Ananda Arif. Atas karunia Alloh santri mampu mencapai prestasi tinggi dalam menghafal Al-Qur’an,” ungkap Ustadz Sodikin, pimpinan Pesantren Alam. Beliau menambahkan bahwa pencapaian yang di raih ini juga tidak lepas dari dukungan asatidz pengampu tahfidz, santri, keluarga serta lingkungan pesantren yang kondusif untuk menghafal Al-Qur’an. Alhamdulillah.

Acara Tasmi’ dilanjutkan dengan tasyakuran sekaligus buka puasa bersama dan dihadiri oleh Pembina Yayasan, Tokoh Masyarakat sekitar pesantren, dan para undangan yang memberikan apresiasi atas capaian Ananda Arif. Dalam sambutannya, Pembina Yayasan Pesantren Alam, DR. H. Waluyo SH. MSi, menyampaikan harapannya agar prestasi ini menjadi inspirasi bagi para santri lainnya untuk terus berjuang dalam menuntut ilmu dan menghafal Al-Qur’an.

“Mas Arif telah memberikan contoh yang baik bagi kita semua. Semoga semakin banyak generasi muda yang termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an dan menjaga kemurnian ajaran Islam,” tutur beliau.

Tasmi’ 30 Juz ini bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi juga merupakan bentuk ikhtiar pesantren untuk menghasilkan lulusan yang berkarakter dan dekat dengan Al Quran sebagaimana motto Pesantren yaitu Mewujudkan generasi Bertauhiid Qurani dan mandiri.  Keberhasilan ini diharapkan dapat terus memotivasi para santri untuk lebih giat lagi dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an.

Dengan pencapaian ini, Pesantren Alam menegaskan kembali komitmennya dalam melahirkan generasi penghafal Al-Qur’an yang berakhlak mulia dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat. Semoga keberhasilan Ananda Arif menjadi berkah dan inspirasi bagi kita semua. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tiktok