BeritaGagasanParentingPesantren

Talent Mapping di Pesantren Alam Sabilul Huda

Talent Mapping adalah sebuah metode assessment Potensi Diri untuk membantu anda mengenal diri, menggali potensi dan menemukan Personal Branding yang Otentik, yang memang bersumber dari karakter alami dan value intrinsik anda.

Talents Mapping di Pesantren Alam Sabilul Huda untuk apa?

Kami menyadari bahwa santri memiliki kemampuan yang berbeda beda. Untuk itu kami perlu melakukan talent mapping untuk memahami bakat dan potensi santri, diharapkan dengan tes talents mapping ini kami mampu membantu santri menemukan masa depanya.

Kami tidak bisa menyamakan bahwa semua santri harus mampu menyelesaikan hafalan sekian Juz dalam waktu yang sama. Atau memiliki nilai akademis yang sama. Untuk itu dibutuhkan sebuat pendekatan strategis agar dapat memahami bakat dan potensi santri sehingga dapat menjadi guidens atau penujuk arah dalam pembelajaran santri di pesantren Alam sabilul Huda.

Apa itu Talent Mapping

Talent Mapping adalah suatu pendekatan strategis untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi bakat serta minat para santri (siswa) secara holistik. Pesantren Alam Sabilul Huda adalah salah satu pesantren alam di Indonesia yang memberikan pendidikan Islam yang bertujuan untuk mencetak generasi unggul dengan kualitas karakter dan keterampilan yang berkualitas.

simak pula: Manfaat Talent Mapping

Apa saja tahapanya?

Tahapan dalam Talent Mapping di Pesantren Alam Sabilul Huda adalah sebagai berikut:

1. Pengenalan Potensi Santri

Tahap awal dalam talent mapping adalah mengenali potensi dan keunikan masing-masing santri. Pendidik dan para pembimbing akan melihat bakat, minat, kecerdasan, serta keterampilan yang dimiliki oleh setiap santri. kami mengawalinya dengan melalukan asessment dan tes bakat dan minat.

2. Pendampingan dan Pemantauan Individu

Pesantren Alam Sabilul Huda menekankan pada pendampingan individu yang intensif. Setiap santri didampingi oleh para pembimbing yang akan memberikan perhatian khusus dalam mengembangkan potensi mereka.

3. Menggali Minat dan Bakat

Para santri akan diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka dalam berbagai bidang, seperti seni, olahraga, ilmu pengetahuan, atau bahasa maupun kegiatan lainya. Ini membantu mereka untuk menemukan minat dan kecenderungan yang paling sesuai dengan bakat yang dimiliki.

4. Pembinaan Karakter

Talent mapping di Pesantren Alam Sabilul Huda tidak hanya berfokus pada bakat akademis atau kemampuan fisik, tetapi juga pada pembinaan karakter. Santri diajarkan untuk memiliki nilai-nilai Islami yang kuat seperti kejujuran, disiplin, rasa tanggung jawab, dan kasih sayang.

5. Pengembangan Karir Berbasis Nilai

Talent mapping di pesantren ini membantu santri untuk merencanakan karir berdasarkan syariah Islam. Tujuan utama adalah agar setiap santri dapat memiliki kontribusi positif dalam masyarakat sebagai perwujudan dari tujuan Alloh menciptakan manusia adalah sebagai kholifah dan pembawa rahmat untuk seluruh Alam.

Demikian sekilas tentang talent Mapping. Mohon doanya semoga Alloh karuniakan kemudahan sehingga pesantren Alam Sabilul Huda menjadi pesantren yang mampu menumbuh kembangkan anak sesuai dengan potensi yang telah Alloh berikan dengan optimal. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tiktok